About

Akademi Pariwisata Widya Nusantara (AKPARTA SURAKARTA) diselenggarakan dengan maksud membantu pemerintah khususnya dalam mencetak ahli-ahli wisata dan perhotelan yang berdaya saing global berbudi pekerti luhur, berkepribadian santun, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan trampil, sehat jasmani dan rohani serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam pembangunan di bidang pendidikan tinggi, tata kehidupan kampus dikembangkan sebagai masyarakat ilmiah yang berwawasan budaya bangsa. sebagai pengejawantahan disiplin ilmu yang di garap Akademi Pariwisata Widya Nusantara Surakarta sejalan pula dengan program pemerintah.

Pendirian dan pengembangan Akademi Pariwisata Widya Nusantara Surakarta ini didasarkan atas Kebijaksanaan Dasar Pembangunan Pendidikan Tinggi (KDPPT) serta konsepsi pelaksanaannya didasarkan pula pada kerangka pengembangan jangka panjang (KPPT-JP) serta peraturan perundangan lainnya yang berlaku dan relevan dengan kegiatan pendidikan tinggi yang akan diselenggarakan atas dasar pemikiran diatas.

Akademi Pariwisata Widya Nusantara (AKPARTA SURAKARTA) didirikan pada tanggal 2 Januari 1993 di bawah yayasan Widya Nusantara Surakarta, dengan alamat kampus semula berada di Jl. Tanjung Anom No. 27 Solo Baru, Surakarta. Akaparta Surakarta berdiri dibawah yayasan yang diketuai oleh dewan pengatur. Yang dmaksud dewan pengatur ini adalah suatu forum yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat yang menaruh perhatian pada bidang pendidikan, serta berfungsi membantu dan menyantuni akademi dengan masyarakat yang memberi perhatian pada bidang khusus pariwisata. Dewan Penyantun ini dipimpin oleh Sri Paduka Mangkunegara IX.

Akparta Surakarta didirikan dengan persetujuan dari Mendikbud dengan nomor SK 02/D/0/1993. Akademi Pariwisata Widya Nusantara (AKPARTA SURAKARTA) ini mempunyai beberapa fungsi dan tujuan dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan pariwisata agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing global.

Visi

“Menjadi Akademi Pariwisata yang berkualitas dalam menyelenggarakan pendidikan dan mencetak lulusan yang berkompeten di bidang Perhotelan dan Pariwisata, beretika, dan memiliki nilai kewirausahaan sehinggamampu menjadiAkademi Pariwisata terbaik di tingkat regional pada Tahun 2020”.

Misi

  1. Membentuk sumber daya manusia profesional di bidang Perhotelan dan Pariwisata, beretika, memiliki nilai kewirausahaan, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan di bidangIlmu Kepariwisataan dalam suasana akademik yang kondusif serta mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude).
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada penemuan baru dan menjadi pusat pengetahuan bagi masyarakat perhotelan dan pariwisata.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan nasional kebangsaan dan nilai-nilai kewirausahaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang pariwisata dan perhotelan yang didukung oleh etika dengan asas kejujuran (honesty), pikiran terbuka (open minded), dan tanggap (responsive) terhadap isu-isu di masyarakat serta kemajuan yang terjadi dalam bidang pengetahuannya..
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat khususnya dibidang kepariwisataan.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki sifat-sifat yang unggul berbudaya sehingga mampu bertahan dan mampu menciptakan masa depan.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan pengetahuan yang dikuasainya dalam kegiatan-kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah masyarakat dengan penalaran ilmiah.